Selasa, 31 Desember 2019

HUT RI ke-74, Gratis Masuk 4 Museum Jakarta Ini

Tepat hari ini Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yng ke-74. Selain ada banyak promo, keempat museum Jakarta ini juga gratiskan tiket masuk. Ayo ke museum!

Memperingati momen 17 Agustus, pihak Museum Kesejarahan yang bernaung di bawah Pemprov DKI Jakarta menggratiskan sejumlah tiket masuk museum. Hal itu pun diungkapkan lewat laman Instagram mereka, Sabtu, (17/8/2019).

Untuk Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua, jam bukanya adalah dari pukul 08.00-17.00 WIB. Sedangkan untuk ketiga museum sisanya, buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Buat kamu yang belum tahu mau menghabiskan Hari Kemerdekaan RI ke mana, berkunjung ke museum bisa jadi salah satu opsi. Sekalian kamu bisa napak tilas jejak para pahlawan dan pendiri bangsa. Merdeka!

Seputar Jatim Park 2, dari Harga Tiket Masuk hingga Wahana

 Jatim Park 2 atau yang dikenal Batu Secret Zoo bisa jadi tempat liburan keluarga di Batu, Jawa Timur. Nah, apa saja daftar wahana dan harga tiket masuknya?

Jatim Park 2 beralamat di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Batu, Jawa Timur. Adapun, tempat rekreasi ini dikelola oleh Jawa Timur Grup di atas lahan seluas 14 hektare.

Berikut fakta-fakta Jatim Park 2 yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Harga Tiket

Harga tiket Jatim Park 2 2019 dipatok Rp 90.000 untuk hari kerja dan Rp 120.000 per orang untuk hari libur. Kemudian, untuk tiket terusan berupa Jatim Park 2 + Eco Green Park dijual di hari kerja sebesar Rp 110.000 per orang dan hari libur Rp 150.000 per orang.

2. Cara Beli Tiket

Tiket masuk Jatim Park 2 tidak bisa dibeli melalui online. Sehingga tiket harus dibeli secara langsung.

3. Promo

Terdapat promo tiket Jatim Park 2 bagi lansia dan turis asing, yakni pemberian potongan harga hingga 20%. Untuk turis cukup dengan menunjukkan paspor yang telah distempel pihak Imigrasi.

4. Wahana

Ada tiga daftar wahana di Jatim Park 2, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Di masing-masing wahana tersebut masih terdapat banyak spot permainan, misalnya Safari Car, Soccer Land, hingga Spongebob Water Shoot.

3.000 Pendaki Padati Gunung Merbabu Malam Ini

Sebanyak 3.000-an pendaki diperkirakan akan memadati Gunung Merbabu malam 17 Agustus ini. Besok pagi, akan digelar upacara menyambut HUT ke-74 di tiga lokasi.

"Upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus besok diselenggarakan pukul 10.00 WIB pada tiga jalur pendakian," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, Jumat (16/8/2019).

Tiga lokasi yang akan digelar upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia itu di jalur Selo, Boyolali yakni di Sabana 2 dengan petugas upacara dari BTNGMb, Koramil Selo dan relawan merbabu.

Kemudian di Pos II Wekas, petugas upacara dari BTNGMb, SAR Semesta, MMP/MPA, potensi SAR Magelang dan relawan Merbabu. Upacara juga akan dilaksanakan di jalur pendakian Thekelan dengan petugas upacara dari Balai TNGMb, relawan, MMP/MPA. Upacara di tiga lokasi tersebut juga akan melibatkan para pendaki.

Tentang jumlah pendaki yang bakal naik ke Merbabu diperkirakan mencapai 3.000-an orang. Dari pantauan dari Sidaring (aplikasi online), atau pendaki yang mendaftar lewat online, jumlah pendaki lewat Selo pada tanggal 16 Agustus 2019 sebanyak 2.908 pendaki. Jumlah tersebut belum termasuk pendaki yang datang dan mendaftar langsung di pintu-pintu pendakian.

Kemudian tanggal 17 Agustus 2019 sebanyak 1.543 pendaki dan tanggal 18 Agustus 2019 sebanyak 108 pendaki. Dari jumlah pendaki tersebut, sebagian besar melewati jalur pendakian Selo, Boyolali yang merupakan jalur favorit pendakian Gunung Merbabu.

"Jika dilihat dari SIDARING diperkirakan malam ini ada 3.000 pendaki di Taman Nasional Gunung Merbabu. Konsentrasi massa (pendaki) akan terpecah pada 4 lokasi, yaitu di Pos II, Pos III (Watu tulis), Sabana 1 dan Sabana 2," jelasnya.

Lokasi-lokasi tersebut cukup luas dan diperkirakan mampu menampung kemah ribuan pendaki tersebut. Untuk memantau membludaknya pendaki selama dua hari ini, pihak BTNGMb mengerahkan hampir semua pendakinya. Selain itu, BTNGMb juga melibatkan para relawan, MMP/MPA melalui kegiatan Kerjantara.

"Hampir semua staff BTNGMb diturunkan ke jalur pendakian dan tempat wisata TNGMb dan kami juga melibatkan melibatkan para relawan, MMP/MPA melalui kegiatan Kerjantara untuk memantau pendakian," tandas Yunita.

Sementara itu Kasubbag TU BTNGMb, Johan Setiawan, menambahkan untuk mengantisipasi padatnya pendaki, petugas resort diberi kewenangan untuk menutup sementara jika terpantau dalam CCTV di Sabana cuaca atau situasi yang tidak mendukung.

Pariwisata Sudah Sumbang US$ 19,29 Miliar untuk Devisa Indonesia

 Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mencatat devisa yang disumbangkan dari sektor pariwisata Indonesia tahun 2018 tembus US$ 19,29 miliar atau hampir mencapai target US$ 20 miliar yang dicanangkan Presiden Jokowi tahun di 2019.

Data itu berasal dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) berdasarkan BPS, tahun 2018 ditutup dengan angka capaian 15,8 juta. Lalu spending atau belanja mereka selama berwisata dan berada di tanah air sebesar US$ 1.220 per kepala per kunjungan atau ASPA (average spending per arrival).

Angka spending US$ 1.220 per visit itu sudah gabungan antara wisman dari 19 pintu utama imigrasi sejumlah 13,3 juta wisman, plus 2,71 juta wisman dari pintu lainnya, termasuk dari festival festival cross border. Maka totalnya adalah 15.81 juta wisman dan average-nya US$ 1.220.

Angka devisa US$ 19,29 miliar dari 15,8 juta wisman tahun 2018 itu disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Jumat (16/8/2019) di Gedung DPR MPR RI, Senayan Jakarta.

Di sisi lain, Bank Indonesia belum menghitung devisa pintu lain. BI lebih fokus pada 19 pintu utama saja, yang spendingnya US$ 1.440 per visit. BI belum memasukkan wisman dari pintu lain yang jumlahnya cukup signifikan, 2,7 juta, meskipun spending mereka yang sudah disurvei, hanya US$ 150 per visit. Jadi ASPA itu menjadi US$ 1.220 per kunjungan.

Alasannya, belum ada pasangan outbondnya. Maka, yang dihitung adalah ASPA pintu utamanya terlebih dulu. Asumsi ASPA pintu lain sebesar US$ 150 pernah disampaikan BPS. Maka, ASPA pintu utama menjadi $1,440/kunjungan. Dengan penjelasan wisman dari pintu utama dikalikan dengan ASPA pintu utama, ditambah wisman dari pintu lain dikalikan ASPA pintu lain.

Jika wisman pintu utama 13,1 juta, sementara wisman pintu lain 2,7 juta, ASPA pintu lain US$ 150, total wisman 15,8 juta dan total ASPA US$ 1.220, maka ASPA pintu utama sebesar US$ 1.440.

Dengan ASPA pintu utama sebesar US$ 1.440/kunjungan, maka jika hanya ingin menghitung devisa wisman 19 pintu utama saja, menjadi sebesar US$ 18,87 miliar. Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didin Djunaedi sejak awal sudah memperkirakan hal itu.

"Greget dan antusiasme industri pariwisata nasional sudah terasa dalam 4 tahun ini! Semakin hidup dan bergairah! Itu menunjukkan bahwa bisnis di sektor pariwisata semakin menemukan bentuknya, makin merata makin menyejahterakan banyak pihak," ungkap Didien Djunaedi dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019).

Didin tidak merasa kaget, karena dia sudah malang melintang di industri pariwisata sejak lama. Didien mengatakan, perkembangan pariwisata ditunjukan oleh kontribusi dalam PDB, jumlah wisatawan mancanegara, jumlah wisatawan nusantara, dan nilai penerimaan devisa.

"Lebih dari 50 tahun, saya bisnis di pariwisata, dan 4-5 tahun terakhir memang dahsyat," papar Didien.

Kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB tahun 2018 mencapai 4,50 persen, dan tahun 2019 mencapai 4,80 persen.

"Peningkatan kontribusi ini utamanya didorong oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisman, wisnus dan investasi, terutama di 10 destinasi prioritas," ujar Didien.

Dalam peluncuran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019 yang berlangsung di Senayan City Jakarta, Kamis (15/8/2019), Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa cakupan pasar Indonesia besar sekali.

Tugas para pengusaha lokal pemilik merk-merk lokal inilah yang harus mengisi pasar dalam negeri. Sehingga ketika barang luar negeri akan masuk, tidak bisa lagi menampung karena semua sudah penuh.

"Kami mendorong ruang-ruang strategis di pusat-pusat perbelanjaan diberikan ke merk-merk lokal. Jadi, bukan hanya merk luar negeri saja yang mengisi tempat strategis. Jangan biarkan pasar lokal dikuasai asing. Hati-hati, karena neraca perdagangan masih defisit. Kita harus meningkatkan kecintaan kita pada produk-produk dalam negeri," ingatnya.

Jokowi juga mendorong produk-produk Indonesia yang sudah bagus untuk dilakukan seleksi dan quality control. Merk-merk Indonesia harus berani bersaing di luar negeri. Pasarkan di mal-mal terbesar dunia. Seperti di Dubai, Malaysia, Singapura, dan lain-lain.

"Di sisi lain, sudah saatnya brand-brand kecil dan menengah bergabung bersama melakukan penetrasi ke pasar luar negeri," tegasnya.